Wednesday 18 May 2016

Penjelasan Sederhana Perilaku Geser Pada Balok



Penjelasan Sederhana Perilaku Geser Pada Balok

Mungkin teman teman udah ngerti kalau struktur itu punya beberapa jenis kapasitas menahan beban, kapasitas menahan tarik, tekan, moment dan geser. Dulu pada awal belajar teknik sipil bisa dengan mudah membayangkan beban tekan, beban tarik, moment, tetapi untuk beban geser saya sama sekali gak ngerti seperti apa sebenarnya perliku geser yang terjadi pada suatu struktur balok.

Disini saya akan coba sedikit menjelaskan supaya kalian bisa memahami yang dimaksud perilaku geser yang terjadi pada struktur dengan Bahasa yang sederhana supaya mudah dipahami.

Jadi yang dimaksud geser itu ya seperti geser pada umumnya, berubah posisinya, bergeser posisinya, seperti gambar gambar berikut :
 
Jendela geser yang bergeser vertical atas atau bawah

Pergeseran yang terjadi pada tanah


Sebenarnya geser yang terjadi pada beton balok itu perilakunya tidak jauh berbeda dengan perilaku geser di atas. Jendela geser vertical, kalau kedua daunnya ada di atas dan dauh yang hidupnya dibebani, maka dia akan tergeser kebawah dengan sendirinya. Tapi beton itu punya kuat geser seperti tanah, sehingga bidang gesernya tidak vertikal tegak seperti jendela tetapi agak miring seperti gambar tanah yang tergeser.
Bidang geser atau bidang copot atau bidang lepas pada balok
 Seperti gambar di atas, jadi anggap saja beton itu seperti tahu atau roti, kalau roti atau tahu itu dibentuk seperti balok maka di tumpuannya dia akan sobek dan terlepas atau sisi tengahnya akan patah sesuai dengan bidang gesernya, karena material tahu atau roti kan punya kuat ikatan antar materialnya, jadi dia tidak akan tergeser begitu saja secara vertikal seperti jendela geser di gambar sebelumnya.
Nah, untuk menjaga supaya pada balok tidak terjadi gagal akibat geser, maka ditambahkanlah tulangan geser pada area yang dimungkinkan akan terjadi gagal geser terutama di area tumpuan.


Nah pada bidang retak di tambahkan tulangan geser atau sengkang, supaya material atas sama material bawah gak copot, jadi dia di iket gitu. Prinsip dasarnya seperti itu, semoga bisa dimengerti.
Berikut adalah gambar gambar yang menunjukkan gagal geser pada balok, seolah olah balok bentang tengahnya itu mau copot lepas sama balok posisi tumpuan karena kurangnya tulangan geser.
 
Bisa dilihat kan, beton yang sebelah kanan tergeser atau mau lepas dari beton sebalh kiri, ini disebut gagal geser

Kalau tulangan gesernya kurang sebanyak apapun tulangan utamanya tidak akan menyelamatkan dari kegagalan geser







No comments:

Post a Comment