Wednesday 27 April 2016

daya dukung tanah itu apa?



Bearing Capacity (Daya dukung)
Dan yang terakhir adalah daya dukung tanah. Jadi apa itu daya dukung? Daya dukung itu adalah reaksi yang sanggup diberikan oleh tanah akibat adanya aksi beban tertentu. Bedanya sama CBR? Daya dukung itu gak mesti permukaanya keras, misalnya pasir, kan permukaanya gak keras tapi lapisan tanah pasir punya daya dukung yang baik. Bedanya sama kepadatan? Sebenernya beda, tapi penulis agak bingung gimana cara jelasinnya,, Kepadatan itu musuhnya adalah penurunan atau settlement akibat kondisi si tanahnya itu sendiri (bisa karena jumlah volume udara atau kadar airnya) tetapi kalau daya dukung itu musuhnya juga settlement, tetapi settlement yang terjadi lebih karena aksi yang diberikan terhadap tanah itu, maka tanah akan memberikan reaksi perlawanan atau akan membiarkan terjadinya settlement.

Pemeriksaan daya dukung tanah yang diketahui penulis ada dua acara yaitu dengan sondir dan SPT. Lapisan tanah yang diperiksa sampai mencapai kedalaman tanah keras, kalau pakai SPT sampai angka N-blow nya 60 kalau sondir ya tergantung kapasitas alatnya, umumnya 250 kg/cm2 sudah di anggap tanah keras. Hasil dari penyelidikan daya dukung tanah ini yang biasanya dijadikan acuan untuk penentuan desain geometri pondasi dan kapasitas rencananya.
 
uji sondir



Hal penting yang harus dilakukan setelah mendesain pondasi khususnya pondasi dalam adalah proofing test. Gunanya untuk memastikan desain pondasi dalam yang mengacu pada hasil penyelidikan daya dukung tanah itu sudah benar atau belum. Proofing test yang dilakukan kalau gak static axial loading test ya PDA test. Nanti dari hasil itu dibandingkan apakah daya dukung yang didapat sesuai dengan daya dukung yang direncanakan.
static axial loading test
 
pda test

Sampai sini, penulis mulai merasa jenuh untuk menulis, tapi tulisannya harus penulis selesaikan. Hehehe.. Lanjuttttt

Jadi apa yang terjadi kalau terjadi kegagalan dalam memprediksi daya dukung tanah untuk suatu pondasi? Langsung gambar aja ya biar gak kebanyakan nulis..

apa yang terjadi kalau pondasi nya turun sebagian?

saat daya dukung yang direncanakan tidak sesuai




kegagalan dalam merencanakan kapasitas pondasi, atau beban yang melebihi rencana?

bagaimana kalau pondasi jalan layang tidak kuat?

Pondasi mengalami penurunan

No comments:

Post a Comment