Thursday 21 April 2016

Perbendaan Struktur Statis Tertentu dan Struktur Statis Tak Tentu



Kemarin sempat ada yang bertanya tentang apa perbedaan analisa statis tertentu dan analisa statis tak tentu. Sebenarnya itu adalah hal yang paling dasar yang harus diketahui dalam menghitung strukutr. Perbedaan mendasarnya adalah dari jumlah tumpuan dan jumlah batang yang terdapat pada system struktur yang menentukan jumlah variable yang tidak diketahui dibandingkan dengan jumlah persamaan kesetimbangan yang dimiliki. Persamaan kesetimbangan yang dimaksud itu ada 3 :
ΣV = 0 (Jumlah gaya vertical = 0)
ΣH = 0 (jumlah gaya horizontal = 0)
ΣM = 0 (Jumlah moment = 0)
Untuk analisa statis tertentu yang saya ketahui cuma ada 2 jenis :

1.     Simpel beam dengan tumpuan sendi – rol

Pada tumpuan A yang berupa sendi terdapat 2 variabel yang tidak diketahui, yaitu :
- RHA 
- RVA 
Sedangkan untuk tumpuan B yang berupa rol hanya terdapat 1 variable yang tidak diketahui yaitu :
- RVB 

Jumlah variable yang tidak diketahui pada reaksi tumpuan ada 3 sesuai dengan jumlah persamaan kesetimbangan yang dimiliki.
Selain itu jumlah gaya dalam pada batang I yang tidak diketahui juga ada 3, yaitu :
- NI 
- SI 
- MI 
Gaya dalam tersebut dapat dicari dengan 3 persamaan kesetimbangan yang dimiliki. Dari penjelasan itu maka balok sederhana dengan tumpuan sendi – rol disebut struktur statis tertentu.

2.     Balok kantilever

Untuk balok kantilever yang hanya memiliki satu tumpuan berupa tumpuan jepit terdapat 3 variabel reaksi tumpuan yang tidak diketahui yaitu :
- RHA 
- RMA 
- RVA  

yang bisa dicari dengan 3 persamaan kesetimbangan yang dimiliki. Ingat, analisa struktur statis tertentu sangat bergantung pada :
- Jumlah Tumpuan
- Jumlah batang
Ketika jumlah tumpuan dan jumlah batang banyak, maka persamaan-persamaan yang ada menjadi tidak cukup untuk mencari nilai reaksi dan gaya dalam.

Kira-kira masih ada lagi jenis struktur yang termasuk struktur statis tertentu?

Untuk struktur statis tertentu, tentu saja variable yang tidak diketahuinya lebih dari jumlah persamaan kesetimbangan yang dimiliki. Contohnya seperti berikut :

Struktur balok dengan tumpuan jepit dan rol dimana pada tumpuan A terdapat 3 variabel reaksi tumpuan yang tidak diketahui yaitu :
- RHA 
- RMA 
- RVA 
Sedangakan pada tumpuan B terdapat 1 variabel reaksi tumpuan yang tidak diketahui yaitu :
- RVA 
Jumlah variable reaksi tumpuan yang tidak diketahui adalah 4 dan lebih banyak dari persamaan kesetimbangan yang dimiliki sehingga disebut struktur statis tak tentu.

Contoh lainnya? 

Coba perhatikan berapa jumlah variable rekasi tumpuan dan variable gaya dalam yang tidak diketahui dari model struktur berikut??




Bentuk struktur di atas sudah tidak bisa lagi diselesaikan dengan metode analisa struktur statis tertentu, harus menggunakan metode analisa struktur statis tidak tentu, analisa metode matriks, dll


3 comments:

  1. klo sering dipake latihan ngitung atau pakke sap2000 lama lama bisa kok,, yang penting tau prinsip cara ngitungnya,,

    ReplyDelete